promo

Khutbah Jum’at: Dimensi Rohani Dalam Peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Ilustrasi Isra’ Mi’raj. Dok: Pinterest

Oleh: KH Lukman Nur Amin, Lc, M.S.I *)
KHUTBAH PERTAMA

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ أَسْرَى بِعَبْدِهِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى، وعَرَّجَ بِهِ بِصُحْبَةِ جِبْرِيْلَ الْأَمِيْنِ إِلَى السَّمَاوَاتِ الْعُلَى، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ ذُوْ الْأَسْمَاءِ الْحُسْنَى، وأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَاحِبُ الْهُدَى، اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا ومَوْلَانَا مُحَمَّدِ نِالْمُصْطَفَى، وعَلَى آلِهِ وأصْحَابِهِ الَّذِيْنَ يَسْتَحِقُّوْنَ مِنْ رَبِّهِمُ الْبُشْرَى، أمَّا بَعْدُ ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اِتَّقُوا اللهَ تَعَالَى حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

Jama’ah shalat Jum’at rahimakumullah
Pada waktu yang penuh berkah ini, kami mengajak kepada diri kami pribadi dan kepada Suadara-saudara semua, mari kita tingkatkan taqwa kita kepada Allah SWT. Dengan cara ikhlas melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. Sebab, taqwa adalah satu-satunya cara agar kita mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat.

Hadirin jama’ah shalat Jum’at yang berbahagia
Pada hari Jum’at kali ini, kita masih berada pada satu bulan mulia, yaitu bulan Rajab. Bulan Rajab termasuk salah satu dari empat bulan yang dimuliakan Allah SWT.

Dalam Surat At-Taubah ayat 36, Allah Swt. berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan yang mulia.”

Berkaitan dengan empat bulan yang mulia tersebut, Nabi Muhammad SAW. bersabda:

إِنَّ اَلزَّمَانَ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ اللهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، اَلسَّنَةُ اِثْنَا عَشَرَ شَهْرًا، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ: ثَلَاثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ: ذُوْ الْقَعْدَةِ وَذُوْ الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِيْ بَيْنَ جُمادَى وشَعْبَانَ.

Artinya: “Sesungguhnya zaman itu terus berputar sama seperti saat Allah menciptakan langit dan bumi, setahun ada dua belas bulan, dan empat di antaranya adalah bulan-bulan haram, dan tiga di antaranya adalah bulan-bulan yang berurutan yaitu: Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram dan Rajabnya kabilah Mudzar, yaitu bulan yang terletak antara Jumadil Akhir dan Sya’ban.”

Hadirin jama’ah Jum’at rahimakumullah
Dan di antara bukti kemuliaan bulan Rajab adalah terjadinya peristiwa besar yang difirmankan langsung oleh Allah Swt. Dalam Al-Qur’an, yaitu peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Agung Muhammad SAW.

Sebagaimana disampaikan oleh Imam Nawawi Al-Bantani dalam kitab Nurudh Dholam:

الْمَشْهُوْرُ كَانَ ذَلِكَ لَيْلَةَ الْاِثْنَيْنِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ مِنْ شَهْرِ رَجَبَ قَبْلَ الْهِجْرَةِ بِسَنَةٍ

Artinya: “Menurut pendapat yang masyhur, Isra’ Mi’raj itu terjadi pada malam Senin, malam ke 27 dari bulan Rajab, satu tahun sebelum hijrah Nabi.”

Peristiwa Isra’ Mi’raj ini menjadi proses turunnya syari’at shalat lima waktu untuk kita semua, sehingga bulan Rajab ini juga menjadi bulan disyari’atkannya perintah shalat. Maka dari itu, kemuliaan bulan Rajab menjadi sesuatu yang tidak dapat kita pungkiri.

Jama’ah shalat Jum’at rahimakumullah
Dalam tatanan syari’at Islam, khususnya perihal ibadah, seperti shalat, zakat, puasa, haji dan sebagainya, syari’at apa saja baru bisa dianggap sempurna manakala telah memenuhi dua unsur: yaitu unsur dhahir dan unsur bathin, atau juga disebut unsur syari’at dan unsur hakikat.

Termasuk dalam pemahaman kita terhadap peristiwa Isra’ Mi’raj. Kita akan mendapatkan pemahaman yang sempurna manakala kita telah melewati dua unsur tersebut: dhahir dan bathin.

Oleh karenanya, Syekh Mula ‘Ali Al-Qari menjelaskan dalam kitab Mirqatul Mafatih sebagai berikut, yang artinya : “Rasulullah SAW mengalami dua Isra’ Mi’raj sekaligus. Yang pertama adalah Isra’ Mi’raj jasmani, yaitu perjalanan dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha kemudian naik ke alam Malakut dan alam Mala’il A’la.

Yang kedua adalah Isra’ Mi’raj ruhani, yaitu perjalanan ruh Nabi Muhammad dari alam kasat mata ke alam ghaib kemudian ke alam maha ghaib. Kemudian ketika beliau hendak kembali, Allah SWT Berfirman: ‘Orang yang bepergian biasanya membawakan cinderamata untuk para sahabatnya. Dan cinderamata untuk umatmu adalah shalat.’

Shalat bisa menggabungkan dua Mi’raj sekaligus: Mi’raj jasmani dengan adab dan gerakan tubuh, dan Mi’raj ruhani dengan dzikir dan khusyu’nya hati.  Maka disebutkan

الصًّلَاةُ مِعْرَاجُ المُؤْمِنِ

‘Shalat adalah mi’rajnya orang beriman”

Hadirin jama’ah shalat Jum’at yang dirahmati Allah
Perjalanan spiritual inilah yang mengantarkan Rasulullah SAW menghadap kepada dzat yang Maha Dhahir dan Maha Bathin. Yang akhirnya Rasulullah SAW pulang membawa cinderamata berupa perintah shalat lima waktu, di dalamnya mengandung dua unsur: dhahir dan bathin, terlebih unsur bathin, yang akan menentukan nilai shalat kita di hadapan Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ الْعَبْدَ لَيُصَلِّي الصَّلاةَ لَا يُكْتَبُ لَهُ سُدُسُهَا وَلا عُشْرُهَا وَإِنَّمَا يُكْتَبُ لِلْعَبْدِ مِنْ صَلاتِهِ مَا عَقَلَ مِنْهَا

Artinya: “Sesungguhnya seseorang ketika melaksanakan shalat, tidak dicatat seper enamnya atau seper sepuluhnya. Tetapi yang dicatat adalah seberapa banyak yang ia hayati dari shalatnya.”

Jama’ah shalat Jumat rahimakumullah
Semoga pemahaman dan penghayatan terhadap peristiwa Isra’ Mi’raj ini bisa menambah iman kita kepada Allah SWT. Sehingga dengan hidayah dan pertolongan-Nya, kita diberikan kemudahan untuk melaksanakan shalat dengan sempurna. Amin ya Rabbal ‘alamin.

أعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجِيمْ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمْ، سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَقُلْ رَّبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ.

KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا اَمَرَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلٰهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ اِرْغَامًا لِمَنْ جَحَدَ بِهِ وَكَفَرَ، وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ الْخَلاَئِقِ وَالْبَشَرِ، صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا، أَمَّا بَعْدُ،

فَيَا أَيُّهَا النَّاسُ، اِتَّقُوْا اللهَ وَافْعَلُوْا الْخَيْرَاتِ وَاجْتَنِبُوْا عَنِ السَّيِّئَاتِ، قَالَ اللهُ تَعَالَي اِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَآأَيُّهَا الَّذِيْنَ اَمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا، فَاَجِيْبُوْا اللهَ عِبَادَ اللهِ اِلَى مَا دَعَاكُمْ وَصَلُّوْا وَسَلِّمُوْا عَلَى مَنْ بِهِ اللهُ هَدَاكُمْ، اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ وَعَلَى التَّابِعِيْنَ وَتَابِعِ التَّابِعِيْنَ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَآرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ،

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ  وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُّجِيْبُ الدَّعَوَاتِ، اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ اُمَّةَ سَيَّدِنَا مُحَمَّدٍ، اَلَّلهُمَّ ارْحَمْ اُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اَلَّلهُمَّ انْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ، وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَاجْعَلْ بَلْدَتَنَا اِنْدُوْنِيْسِيَّا هٰذِهِ بَلْدَةً طَيِّبَةً تَجْرِيْ فِيْهَا اَحْكَامُكَ وَسُنَّةُ رَسُوْلِكَ يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ يَا اِلٰهَنَا وَاِلٰهَ كُلِّ شَيْئٍ هَذَا حَالُنَا يَا اللهُ لَايَخْفَي عَلَيْكَ، اَلَّلهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلَاءَ وَالْبَلاَءَ وَالْوَبَاءَ وَاْلفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً  إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بالإِيـْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِّلَّذِيْنَ آمَنُوْا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَّحِيْمٌ، رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِى اْلقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشَاءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْىِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ  وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْئَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.

Oleh: KH Lukman Nur Amin, Lc, M.S.I Lembaga Dakwah (LD) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah. Bidang IT dan Jaringan Dakwah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
Promo